WELCOME TO MY BLOG

Pages

Selasa, 10 Januari 2012

Beda pendapat ? okelah..

Oleh Ahmad Zainul pada tanggal 10 januari 2012
Bismilahirrohmanirrohim
Assalamualaikum..
Mungkin dalam beberapa hari saya vakum untuk mengurusi blog ini, karena ada berbagai halang merintang yang membuat saya lalai dan melupakan media yang sangat saya sukai. apakah itu ? yaps nge-blog.
Tema yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai perbedaan pendapat. Tidak dapat dipungkiri, bahwa banyak sekali ditemui beberapa orang maupun personal yang memiliki perbedaan pendapat. latar belakangnya pun sangat beragam. yang jelas mereka memiliki pendapat pasti mereka juga memiliki alasan dan pendasaran masing-masing ya kan ? . Sungguh ngawur ketika kita memiliki pendapat namun tidak memiliki pendasaran. karena pendapat tersebut akan ditolak mentah-mentah oleh teman anda. So, dipikir dulu yah sebelum mengeluarkan statement.

Ada pepatah barat mengatakan, "Banyak jalan Menuju Roma". Mungkin pepatah diatas sudah sangat familiar ditelinga anda. Bahkan sudah banyak dipakai oleh orang-orang bijak untuk mengisi seminar-seminar motivasi. Setidaknya demikianlah bunyinya. Sudahkah kalian mencoba menebak apa maksudnya ?. Oke penulis akan memberikan serangkaian penjelasan yang menurut penulis benar dan pantas untuk diamalkan.

Pertama, coba bayangkan ketika anda ingin pergi ke sekolah dari rumah anda. kebetulan tetanggamu juga bersekolah ditempat yang sama dengan sekolahmu. Karena ingin berbaik hati, kamu mencoba menawarkannya untuk berangkat bersama. Selain, karena akan terasa lebih ringan karena ada temen ngobrol,juga karena kamu ingin akrab dengannya. Eh ternyata, tetanggamu tadi menolaknya dan memilih untuk mengambil rute yang lain karena ada keperluan lain. Apakah kita pantas untuk marah atau menghakiminya ? dan mengatakan jalannya itu salah ?. Oh tentu tidak, karena ada banyak rute menuju sekolahanmu.

Satu lagi, ketika kalian ingin menyebrang dari surabaya ke madura. seseorang mungkin lebih memilih menyebrang dengan menggunakan kapal. dan tidak menutup kemungkinan ketika ada orang yang berpendapat lain dengan memilih untuk melewati jembatan suramadu. haha sekalian promosi kota ane.
apakah seseorang yang menggunakan kapal untuk menyebrang dapat menyalahkan orang lain yang lebih memilih menyebrang melewati jembatan ?. Saya yakin kalian akan menjawab serentak "tidak bisa" . karena keduanya akan mencapai tujuan akhir, yaitu pulau madura.

Dari kedua hal diatas, apakah kalian tahu kesimpulannya ? . apa hayyoo.. haha
Kesimpulannya adalah ketika seseorang yang memiliki tujuan,prinsip,dan pandangan yang sama dengan orang lain, bisa saja melakukan hal yang berbeda-beda untuk mencapai tujuannya tersebut. Sehingga bisa dibenarkan ketika kita memiliki tujuan yang sama tetapi pengamalan yang berbeda. Dan sangat tidak dibenarkan ketika kita menyalahkan orang yang memiliki tujuan yang sama dengan kita atas dasar perbedaan perilaku dan jalan untuk mencapainya. Setiap manusia memiliki cara masing-masing dalam memahami arti dari tujuannya dan setiap orang tentu berhak berpikir bebas untuk menentukan arah dan langkah hidupnya kedepan.

Ingat ! hidup ini bukan masalah kita rute dijalan yang mana. Tetapi pikirkanlah apakah rute yang kita lalui ini sudah benar dan menuntun kita ke tujuan yang sebenarnya. Konflik yang diakibatkan dari perbedaan pendapat hanya akan menjadi kabut dan debu yang mengaburkan penglihatan kita bersama. Asal sudah sepakat,dan memiliki tujuan yang benar. Maka tak perlu dipermasalahkan lagi jalan dari masing-masing individu untuk mencapai tujuannya

2 komentar:

Gnosis mengatakan...

QS Ali Imran/3:103? (Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan ni`mat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena ni`mat Allah orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk)

zainul_ahmad mengatakan...

sayidina ali sendiri pernah menuturkan kejahatan yang terorganisir dapat mengalahkan kebaikan yang terorganisir

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 artikel bagus and Powered by Blogger.