WELCOME TO MY BLOG

Pages

Minggu, 05 Februari 2012

Sunni Dan Kontroversi Girlband Berjilbab


Fenomena girlband dan boyband yang booming di 2011 lalu membuat banyak pihak menggunakan momentum ini untuk meraup keuntungan, tak terkecuali stasiun televisi. Acara-acara musik di berbagai stasiun televisi misalnya, di tahun 2011 kemarin mereka banyak mengundang artis-artis boyband dan girlband lokal untuk tampil di acara mereka. Tidak hanya itu, di tahun yang menjadi tahun kebangkitan boyband dan girlband Indonesia itu, beberapa stasiun televisi juga mengadakan ajang pencarian bakat bagi boyband dan girlband baru yang ingin terkenal. Sebut saja SCTV dengan “Boyband And Girlband Indonesia “nya dan Indosiar dengan “Galaxy Superstars”.

Tentu saja ajang pencarian bakat ini menarik perhatian, khususnya para K-pop Holic. Mereka berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk mengikuti audisi ini. Banyak peserta dari masing-masing daerah yang akhirnya menjadi kontestan ajang pencarian bakat itu. Namun, terdapat fenomena unik pada ajang pencarian bakat yang diadakan SCTV, Boyband And Girlband Indonesia. Jika biasanya girlband identik dengan wajah cantik, badan seksi dan pakaian yang super ketat lalu menari-nari di atas panggung, maka di BGBI – Boyband And Girlband Indonesia- justru ada peserta girlband yang memakai jilbab! Bayangkan saja mereka menari-nari dan menyanyi diatas panggung dengan menggunakan jilbab dan pakaian tertutup lainya! Tentu ini mengundang sejumlah kontroversi…

Sunni, nama girlband berjilbab itu. Girlband asal Gresik itu pun menghebohkan dunia musik di Indonesia. Berbagai kalangan akhirnya angkat bicara soal girlband berjilbab itu. Nah, inilah dia beberapa pendapat hasil jajak pendapat dengan teman-teman di dunia maya lewat Facebook dan dunia nyata. Mereka pun memiliki pendapat yang berbeda-beda. Kebenarannya tetap kita kembalikan ke personal masing-masing. Penulis hanya memberikan sedikit pendapat.
1. Setuju

Bagi mereka, girlband yang memakai jilbab tidak masalah. Itu merupakan hak dari setiap orang. Lha wong orang lain boleh bikin girlband, kenapa mereka ngga boleh coba ?. Kira-kira seperti itulah pendapat orang jenis ini menanggapi kontroversi girlband berjilbab.

2. Justru bagus
Justru bagus !! ini bisa memotivasi muslimah yang lain untuk bangga menggunakan baju-baju muslim. Selain itu, momentum girlband berjilbab ini bisa dijadikan contoh untuk muslimah yang ingin terjun di dunia entertainment. Meskipun muslimah dan berjilbab, tetapi tetap bisa kok eksis di dunia intertaintment.
Selain itu, golongan ini berpendapat bahwa masih banyak kontestan-kontestan lain di BGBI yang lebih parah dengan memperlihatkan paha-paha mulus mereka, padahal mereka itu juga muslimah!

3.Boleh, tapi…
Boleh saja ada girlband berjilbab, tetapi tetap harus menjaga batasan-batasannya. Toh selama ini Sunni tidak terlalu erotis dalam menampilkan tarian aksi panggungnya. Selama masih sesuai dengan batas kewajaran dan masih bisa ditoleransi mengapa tidak ?  kira –kira seperti itulah gambaran umum pendapat kelompok ini.
 4. Tidak Setuju


 Kelompok ini menentang adanya girlband berjilbab. alasannya pun macam-macam. dari yang merasa adanya pelecehan islam. Kelompok ini juga ada yang mensinyalir bahwa hal itu hanya ditujukan agar mereka bisa tampil beda. Dan dengan itu mereka bisa menaikkan popularitas mereka dengan cara menggunakan label islam.

 Mungkin penulis tidak akan memberi banyak penjelasan mengenai kelompok ini. karena bisa langsung dibaca dipendapat yang dikemukakan secara langsung.
4. Pendapatku
Kalau aku sih menentang. Memang sih menjadi girlband berjilbab itu tidak melanggar hukum. Tetapi girlband berjilbab itu sudah melanggar etika dan norma yang selama ini dianut masyarakat. Masyarakat selama ini mengenal bahwa seorang muslimah yang berjilbab itu anggun, sopan, ramah. Bukannya jingkrak-jingkrak diatas panggung.
Aku sebenernya ngga ngikuti BGBI itu, tetapi setelah search di mbah google ternyata Sunni masuk nominasi 3 besar bahkan bisa 2 besar apabila dewan juri tidak memberikan hak veto (hak menyelamatkan) kepada grup yang sudah dieliminasi. Ini membuktikan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang mendukung kiprah Sunni dalam dunia girlband ini.

Well, bagaimana pendapat Sobat Blogger ? setuju, menentang atau no comment ? apa sih pendapat Sobat Blogger tentang girlband berjilbab ini ? silahkan komentar dibawah untuk berpendapat, hehe…..

2 komentar:

Najmah mengatakan...

nice artikel :)
saya tetap berpendapat tidak setuju :D ..
sungguh saya tidak rela kaum saya berlenggaklenggok didepan mata yg menginginkan keindahan dunia yg terlarang ..

obat pelangsing badan mengatakan...

nomong-ngomong kemana Sunni nya sekarang?

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 artikel bagus and Powered by Blogger.