WELCOME TO MY BLOG

Pages

Jumat, 20 April 2012

Kejujuran berkah diatas musibah

kejujuran Ada istilah yang menyebutkan bahwa kejujuran adalah mata uang yang berlaku di mana-mana. Kejujuran juga merupakan sesuatu yang lebih mahal dibandingkan dengan sebongkah permata. Buktinya pada zaman seperti ini, kejujuran seakan punah dan merupakan hal yang langka sehingga krisis kejujuran yang melanda bangsa ini menyebabkan kekacauan di mana-mana.

Sebenarnya kelangkaan akan kejujuran wajar terjadi. Entah bermula darimana, namun hilangnya kejujuran seakan menjadi efek domino yang merambah kemana-mana, baik itu yang tua hingga muda atau atasan hingga bawahan.

Banyak hal menjadi pemicunya, sebagian besar karena ketakutan pada pihak yang lebih berkuasa, atau ketakutan hilangnya sesuatu yang berharga sampai dianggap buruk atau ditolak, padahal kejujuran lebih bernilai sekalipun kita berada di pihak yang salah.



Selain itu, dengan berbohong dan angkat tangan dari sesuatu merupakan jalan pintas bagi kebanyakan orang untuk menghindari rumitnya masalah. Begitu mudahnya dunia membolak-balikkan moral seseorang hingga menolak kebaikan dan menganggungkan keburukan atau kesalahan.

Tak perlu mengurusi orang lain untuk memaksanya berlaku dan berkata jujur. Jujur seharusnya kita mulai dari diri kita sendiri sekalipun mulai dengan hal yang kecil kemudian dijadikan kebiasaan dan akan berkembang menjadi pola yang bertingkat. Walaupun konsekuensinya, Anda akan melawan banyak pihak dan bahkan mungkin melawan dunia.

Sekalipun bukan hal yang mudah, kejujuran bukanlah hal yang merugikan. Sebenarnya ada banyak nilai yang berharga dalam sebuah kejujuran. Mungkin Anda akan kesulitan pada bagian awalnya, namun dengan kesabaran dan keteguhan, akan selalu ada akhir yang lebih baik dibandingkan dengan memutuskan untuk berbohong atau menutupi kebenaran.

Dengan kejujuran, Anda telah mengantongi kunci kepercayaan sekalipun kesulitan akan membentang di segala mata arah. Namun jangan khawatir karena kejujuran pasti selalu akan membawa Anda ke dalam keselamatan.

Karena itu jika Anda memutuskan untuk menjadi pribadi yang jujur atau untuk lebih jujur daripada yang sebelumnya, Anda perlu membaca beberapa tips berikut,



Awali segalanya dengan niat yang baik dan bersih
Kejujuran dengan niat buruk atau jahat tak akan ada artinya. Maka perbaiki segala sesuatunya dengan niat yang baik. Sama halnya dengan berbohong untuk kebaikan. Daripada melakukan hal tersebut, cobalah Anda berterus terang walaupun dengan perlahan-lahan. Karena pada akhirnya kebohongan hanya bentuk tipuan yang bisa jadi semakin menambah masalah. Awali segala aktivitas dengan niat yang baik agar kemudahan untuk berbuat jujur serta kemudahan untuk kebaikan akan datang sendirinya Kepada Anda.

Hilangkan rasa takut

Kejujuran selalu mengandung resiko kehilangan sesuatu yang kita miliki atau mendapatkan musuh. Namun mengapa harus takut jika Tuhan selalu melindungi HambaNya yang berbuat baik. Anda tak perlu takut dan berani berkata Tidak. Semua resiko harus dilalui kendati sebagian besar bagaikan pil pahit. Akan selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah. Berbohong walaupun mampu menyelamatkan Anda dari situasi rumit, pada akhirnya akan membawa Anda pada ketakutan lebih besar karena Anda juga harus bertanggung jawab pada kebohongan yang telah Anda perbuat.

Pilihlah lingkungan yang baik

Bergaul dengan seorang preman sedikit banyak, cepat atau lambat akan mempengaruhi Anda. Sehingga carilah teman yang baik dan mendukung upaya Anda untuk bersikap jujur. Kendati lingkungan kerja Anda misalnya “bermasalah” dengan kejujuran, maka dengan teman yang baik atau linkungan yang mendukung akan menguatkan Anda untuk tetap mempertahankan prinsip kebaikan.

Maafkan dan relakan semuanya

Setelah berlaku jujur, tentu resikonya tak akan selalu sebaik yang Anda lakukan. Pada akhirnya akan ada beberapa cacian dan hinaan. Maka maafkanlah semua dan berusahalah merelakannya. Kebaikan selalu akan berakhir dengan kebaikan, begitu pula sebaliknya. Semua orang akan menuai apa-apa saja yang ia tanam selama ini.

Sekalipun mahal dan langka, mari kita ciptakan kejujuran dari diri sendiri hingga menjalar pada keluarga dan lingkungan. Masalah memang akan selalu membayangi kita selagi kita masih hidup. Jadi sebenarnya sama saja antara berbohong atau jujur, hanya saja jujur lebih sulit dilakukan namun dengan ending yang pasti lebih baik. Tentunya Anda tak akan senang jika menjadi korban kebohongan dan ketidakadilan orang lain, kan? Jadi tunggu apalagi. Mari kita mulai untuk hidup jujur.

1 komentar:

Tan Pah Kaa mengatakan...

Sayangnya saat ini, kejujuran sudah terkikis oleh kedustaan yang membabi buta...

www.artikel-bagus.com

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 artikel bagus and Powered by Blogger.