WELCOME TO MY BLOG

Pages

Minggu, 22 Mei 2011

Sebuah tangkai dari spesies jamur baru Ophiocordyceps camponoti-balzani muncul dari kepala semut di hutan hujan Brazil. Layaknya zombie, jamur ini menyebabkan kematian.

Spesies jamur yang berasal dari gabungan empat spesies yang berbeda ini dapat mengendalikan pikiran semut. Spesies jamur Ophiocordyceps camponoti-balzani dapat menginfeksi semut, mengambil alih otak mereka dan membunuh serangga itu.

Yang menakutkan, jamur itu akan terus berada di dalam kepala hewan hingga di tempat yang ideal bagi jamur untuk tumbuh dan menyebarkan spora. Selanjutnya, jamur akan membunuh serangga itu.

Keempat spesies jamur itu hidup di hutan hujan Atlantik Brazil yang mengalami perubahan dengan cepat akibat perubahan iklim dan deforestasi (pengurangan jumlah hutan), kata pemimpin penelitian David Hughes, entomologi di Penn State University.


Penelitian yang diterbitkan di jurnal PloS ONE itu menginformasikan beragam pertumbuhan jamur pada semut. “Ini berpotensi munculnya ribuan jamur zombie di hutan tropis seluruh dunia. Kita perlu meningkatkan kewaspadaan soal betapa parahnya kondisi lingkungan Bumi,” kata Hughes lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 artikel bagus and Powered by Blogger.